Sabtu, 08 Oktober 2016

AWASSS MEROKOK SEBABKAN SAKIT GINJAL KRONIS

Selama beberapa dekade, US Surgeon General telah memperingatkan Amerika tentang efek buruk dari merokok. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merokok merugikan hampir setiap organ tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan untuk belajar bahwa merokok juga berperan dalam perkembangan penyakit ginjal kronis (CKD) . Studi pertama yang menunjukkan hubungan antara merokok dan penyakit ginjal  dilakukan pada tahun 1978. Sejak itu banyak penelitian telah mendukung temuan ini.

Menurut Beberapa Faktor Risiko Intervensi Trial (MRFIT), merokok merupakan salah satu faktor risiko terkemuka yang dapat menyebabkan penyakit ginjal tahap akhir (ESRD) .

Bagaimana merokok dapat membahayakan ginjal

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin merokok diduga merugikan ginjal :

  • Meningkatkan tekanan darah  dan denyut jantung
  • Mengurangi aliran darah di ginjal
  • Meningkatkan produksi angiotensin II (hormon yang diproduksi di ginjal)
  • Mempersempit pembuluh darah di ginjal
  • Kerusakan arteriol (cabang arteri)
  • Formulir arteriosclerosis (penebalan dan pengerasan) dari arteri ginjal
  • Mempercepat hilangnya fungsi ginjal
  • Selain tembakau, merokok memungkinkan racun lainnya ke dalam tubuh. Dan menurut 
  • American Association of Ginjal Pasien (AAKP), penelitian telah menunjukkan bahwa merokok berbahaya untuk ginjal, dan dapat menyebabkan penyakit ginjal untuk kemajuan dan meningkatkan risiko  proteinuria  (jumlah berlebihan protein dalam urin).


Diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal kronis

Diabetes  dan tekanan darah tinggi adalah dua penyebab utama dari CKD. Studi telah menemukan bahwa orang dengan diabetes dan / atau tekanan darah tinggi yang merokok menambah risiko terkena CKD. Pada kedua kelompok merokok meningkatkan kemungkinan mendapatkan penyakit ginjal. Merokok juga mempercepat terjadinya penyakit ginjal. Berhenti merokok ditunjukkan untuk membantu seseorang mempertahankan fungsi ginjal.

penyakit jantung dan merokok


Bagi orang-orang dengan penyakit ginjal yang merokok, berhenti mungkin satu hal yang paling penting yang dapat dilakukan untuk memperlambat perkembangan kedua ginjal dan gagal jantung .

Bagi orang yang telah memiliki transplantasi ginjal  dan tidak berhenti merokok, peluang mereka penurunan kelangsungan hidup karena risiko masalah kardiovaskular. Cara terbaik untuk hasil transplantasi yang sukses adalah untuk berhenti merokok.

Merokok bahkan menyakitkan ginjal sehat

Menurut informasi dari Beberapa Faktor Risiko Intervensi Trial, orang dalam populasi umum, yang tidak memiliki penyakit ginjal, berada pada peningkatan risiko untuk mendapatkan penyakit ginjal tahap akhir jika mereka adalah perokok. Risiko akan lebih tinggi bagi perokok berat. Merokok telah disebut faktor risiko yang paling dicegah untuk menjaga kesehatan yang baik. Studi menunjukkan bahwa selain penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya dikaitkan dengan merokok, itu juga memberikan kontribusi untuk gagal ginjal di antara mereka yang tidak pasien penyakit ginjal.

Tips untuk berhenti merokok

Karena jumlah rokok yang dihisap cenderung meningkatkan risiko untuk gagal ginjal, menebang dapat membantu. Idealnya, bagaimanapun, berhenti merokok akan menjadi pilihan terbaik. Sementara berhenti sulit karena kecanduan nikotin, kecanduan dan godaan, ada langkah-langkah untuk membantu Anda sukses dalam tidak merokok. Kadang-kadang dibutuhkan beberapa mencoba untuk berhenti merokok sepenuhnya, tapi itu sepadan dengan upaya untuk menjadi asap gratis.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang terapi pengganti nikotin seperti gusi dan patch, serta obat-obatan seperti Zyban untuk membantu Anda.
Beri diri tanggal berhenti dan membuang semua produk tembakau.
Memiliki strategi untuk membantu Anda mengatasi ngidam:
Mengunyah permen karet, mengisap permen keras, menggigit pada makanan ringan rendah kalori sepanjang hari atau membuat makanan Anda bertahan lebih lama.
Panggil saluran telepon-berhenti, periksa website atau berbicara dengan teman-teman dan anggota keluarga untuk dukungan.
Coba pernapasan dalam atau meditasi sampai dorongan berlalu.
Bergabung dengan program berhenti merokok.
Terus mencoba sampai Anda berhenti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar